Jenis Jenis Periferal

Jenis dan fungsi peripheral
Peripheral komputer adalah berbagai komponen yang terhubung ke CPU
(Central Processing Unit) yang berfungsi sebagai perangkat Input dan Output
data kedalam dan keluar CPU yang selanjutnya diproses oleh sistem
komputer untuk mengolah data Input yang di-Input oleh periferal Input seperti
Mouse, Keyboard, Scaner, Recording Device, WebCam. Data input ini dapat
berupa data Dokumen, Suara, Gambar, Gerakan dan Video. Selanjutnya
data yang telah dimasukan kedalam komputer akan diolah oleh peralalatan
Process untuk menghasilkan data Output yang akan ditampilkan dalam
bentuk nyata atau tidak oleh Periferal Output misalnya berupa Dokumen,
Suara, Gambar, dan Video yang dihasilkan oleh Periferal sepert Monitor,
Printer, Plotter, Speaker, HeadSet, dsb.
Periferal termasuk dalam katagori Hardware yang merupakan bagian dari tiga
komponen utama komputer yaitu :
 Hardware : adalah perangkat keras yang dapat berupa
benda/komponen fisik yang secara nyata dapat disentuh dan dilihat.
 Software : adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk
menjalankan harware berdasarkan perintah yang di-Inputkan oleh
Brainware melalui software sehingga hardware dapt digunakan dan
difungsikan.
 Brainware : adalah perrngakat akal yang memanajemen atau
berfungsi untuk memasukan perintah agar Software dan Hardware dapat
beroprasi sesuai dengan fungsinya.
Berdasarkan kegunaannya, periferal komputer terdiri dari 2 (Dua) tipe yaitu
sebagai berikut :
 Peripheral Utama (Main Periferals) : yaitu tipe periferal yang
keberadaannya harus ada pada saat menjalankan komputer misalnya
Mouse, Keyboard dan Monitor.

 Peripheral Pendukung (Out Sillary Periferals) : yaitu periferal pendukung
yang keberadaannya tidak harus ada pada saat menjalankan komputer
misalnya Printer, Speaker, WebCam, Scaaner dsb.
Sesuai dengan penjelasan diatas, maka peripheral yang termasuk kedalam
Hardware memiliki fungsi tertentu untuk dapat memasukan atau mengeluarkan
data ke/dari komputer.
Berikut fungsi dari beberapa peripheral dalam komputer yang dikelompokkan
dalam fungsinya(perangkat Masukan/input dan perangkat Keluaran/output)
1. Perangkat Masukan
Perangkat masukan (bahasa Inggris: input device) adalah semua periferal
(perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal
kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer. Perangkat
masukan dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal:
(a) cara masukan, misalnya melalui gerak mekanis atauaudio;
(b) masukan diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus); serta
(c) derajat kebebasan gerakan, misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan
tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD. Jenis perangkat masukan utama
antara lain adalah papan ketik, perangkat penunjuk, pemindai, perangkat
masukan video (kamera, dll.), serta perangkat masukan audio (mikrofon, dll.).
Perangkat Pengetikan
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan
data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka
file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard
yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973,
keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar
Organization).Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard
sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb
dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY,
yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard
QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
ATM (Automated Teller Machine)
Biasa disebut Anjungan Tunai Mandiri biasa digunakan dalam perbankan.
Perangkat ini memungkinkan kita melakukan transaksi pengambilan uang tunai,
pembayaran berbagai jenis tagihan, transfer uang.
ATM bekerja sebagai perangkat I/O sekaligus. Sebagai perangkat masukan,
ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor PIN (Personal Identification
Number), angka uang, dan hal-hal lain yang tersedia pada menu. Adapun
sebagai perangkat keluaran, ATM memungkinkan pemakai (petugas bank)
melihat perintah maupun kode dang angka yang diketikkan pada perangkat
masukan.
Point of Sale (POS)
Merupakan perangkat yang digunakan pada toko-toko untuk memasukkan data
pembelian. Biasanya perangkat ini selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap
dengan angka-angka, juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk
memproses kartu kredit atau kartu debit.
Point Of Sale atau disingkat POS dapat diterjemahkan bebas menjadi sistem
kasir, yaitu aktivitas yang ber-orientasi pada penjualan yang terjadi pada bidang
usaha retail. Mengapa POS ini menjadi terlihat sangat penting? Hal ini semata-
mata adalah karena POS merupakan terminal tempat uang diterima dari
pelanggan ke toko retail. Bagi pemilik usaha, uang masuk adalah indikator yang
paling mudah untuk mengukur pendapatan, yang disebut dengan OMZET.
POS juga menjadi penting karena seiring dengan berkembangnya usaha, sistem
kasir akan dijalankan bukan oleh pemilik, namun oleh karyawan. Karena itu
pemilik wajib tahu apa yang dikerjakan oleh kasir, dan berapa uang yang
didapatkan secara tepat.
Karena itu dewasa ini, sistem POS atau kasir telah digantikan oleh sistem
komputer kasir. Walaupun tahap implementasi awal terlihat lebih rumit, namun
fitur yang disediakan jauh melebihi dari cash register.
Perangkat Penunjuk
Perangkat penunjuk (bahasa Inggris: pointing device) adalah perangkat masukan
(lebih spesifiknya, perangkat antarmuka manusia) yang memungkinkan
pengguna untuk memasukkan data spasial (kontinu dan multidimensi) ke dalam
suatu komputer. Sistem CAD dan antarmuka pengguna grafis (GUI)
memungkinkan pengguna untuk mengendalikan dan memberikan data kepada
komputer dengan menggunakan gestur fisik—tunjuk, klik, dan seret—misalnya
dengan menggerakkan tetikus di atas permukaan destop fisik dan mengaktifkan
tombol pada tetikus tersebut. Gerakan perangkat penunjuk akan diteruskan ke
layar dengan bergeraknya penunjuk atau kursor serta berbagai perubahan visual
lain.
Perangkat penunjuk secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang
berdasarkan gerakan objek dan yang berdasarkan sentuhan pada suatu
permukaan. Contoh jenis pertama adalah tetikus dan bola jejak (trackball),
sedangkan contoh jenis kedua adalah bantalan sentuh (touchpad), tablet grafis
(graphics tablet), layar sentuh, dan tuas kontrol.
Mouse
Sebuah mouse adalah perangkat genggam kecil yang mendorong di atas
permukaan horisontal. Sebuah mouse pointer bergerak grafis dengan menjadi
meluncur di permukaan halus. Mouse roller-bola konvensional menggunakan
bola untuk membuat tindakan ini: bola berada dalam kontak dengan dua lubang
kecil yang ditetapkan di sudut kanan satu sama lain. Saat bola bergerak memutar
poros tersebut, dan rotasi diukur oleh sensor di dalam mouse. Jarak dan arah
dari sensor ini kemudian ditransmisikan ke komputer, dan komputer bergerak
pointer grafis pada layar dengan mengikuti gerakan mouse. Mouse lain yang
umum adalah mouse optik. Perangkat ini sangat mirip dengan mouse
konvensional tetapi menggunakan cahaya tampak atau inframerah bukannya
bola roller-untuk mendeteksi perubahan posisi

Comments

Popular posts from this blog

Ruang Alamat Logika Dan Ruang Alamat Fisik

PRINSIP PRINSIP DESAIN GRAFIS

Cara terhubung dengan internet melalui Telepon Kabel