Fitur yang ada pada Twitter

Secara standar, kicauan (tweet) pengguna dapat terlihat oleh umum, namun pengguna dapat membatasi pengiriman kicauan hanya bagi pengikut mereka. Pengguna bisa "berkicau" melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (seperti untuktelepon pintar), ataupun melalui layanan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu.[71] Layanan-layanan tersebut bersifat gratis, kecuali layanan SMS, yang dikenakan biaya oleh penyedia layanan seluler.[71]

Pengguna bisa berlangganan kicauan pengguna lain dengan cara mengikuti (follow) pengguna yang bersangkutan, dan pengguna yang mengikuti tersebut akan menjadi pengikut (followers) bagi pengguna yang diikutinya. Sebutan lainnya adalah tweeps, singkatan dari Twitter dan peeps.[72][73]Pengguna bisa memeriksa orang-orang yang membatalkan pertemanan (unfollowing) melalui layanan pihak ketiga.[74] Selain itu, pengguna juga bisa memblokir pengguna lain yang telah mengikuti mereka.

Twitter memungkinkan penggunanya untuk "berkicau" melalui ponsel, layanan pesan singkat, ataupun melalui aplikasi yang dirilis untuk tablet dan telepon pintar tertentu.[75]Twitter kerap dibanding-bandingkan dengan klien Internet Relay Chat (IRC) berbasis web.[76] Pada tahun 2008, dalam sebuah esai di majalah Time, penulis teknologi Steven Johnson menyatakan bahwa mekanisme dasar Twitter "sangat sederhana". Ia menulis:

"Sebagai jejaring sosial, Twitter mengutamakan prinsip pengikut. Jika Anda memilih untuk mengikuti pengguna lain di Twitter, kicauan pengguna akan muncul secara kronologis-terbalik di halaman utama Anda. Jika Anda mengikuti 20 orang, Anda akan melihat berbagai kicauan yang bergulir ke bawah halaman: kicauan sarapan sereal, tautan baru yang menarik, rekomendasi musik, bahkan renungan tentang masa depan pendidikan."[77]


KontenSunting

 

Konten kicauan pengguna Twitter menurut riset Pear Analytics:

  Berita (3,6%)

  Spam (3,8%)

  Promosi diri (5,9%)

  Celotehan tak berarti (40,1%)

  Percakapan (37,6%)

  Pesan berulang/retweet (8,7%)

Perusahaan riset Pear Analytics menganalisis 2.000 kicauan pengguna Twitter di Amerika Serikat selama dua minggu pada bulan Agustus 2009, dari pukul 11:00 am sampai 5:00 pm (CST), dan membaginya ke dalam enam kategori:[78]

Celotehan tak berarti – 40%Percakapan – 38%Pesan berulang/retweet – 9%Promosi diri – 6%Spam – 4%Berita – 4%

FormatSunting

Pengguna dapat mengelompokkan kicauan menurut topik atau jenis dengan menggunakan tagar (hashtag) – kata atau frasa yang diawali dengan tanda "#". Sedangkan tanda "@", yang diikuti dengannama pengguna, digunakan untuk mengirim atau membalas kicauan pada pengguna lain.[79] Untuk memosting ulang kicauan pengguna lain dan membaginya pada pengikut sendiri, terdapat fitur retweet, yang dilambangkan dengan "RT".[butuh rujukan] Pada akhir 2009, Twitter menambahkan fitur "daftar" (list), yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan membalas kicauan pada daftar pengguna, bukannya pada pengguna secara perorangan.[72][80]

Melalui pesan singkat, pengguna dapat berkomunikasi via Twitter dengan menggunakan lima digit nomor gateway: kode singkat untuk Amerika Serikat, Kanada, India, Selandia Baru, dan Pulau Man sesuai dengan nomor internasional. Kode singkat di Britania Raya hanya bisa diakses oleh pelangganVodafone, O2,[81] dan Orange.[82] Di India, karena layanan Twitter SMS hanya didukung oleh Bharti Airtel,[83] platform alternatif bernama smsTweet[84] dibentuk oleh seorang pengguna, yang mendukung semua operator.[85] Ada juga platform serupa bernama GladlyCast untuk pengguna di Singapura, Malaysia, dan Filipina.[86]

Kapasitas kicauan yang ditetapkan dibatasi 140 karakter untuk alasan kompabilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan notasi singkat dan bahasa slang yang umum digunakan dalam SMS. Batas 140 karakter ini telah meningkatkan penggunaan layananpenyingkat URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, serta layanan penampung konten sepertiTwitpic, memozu.com, dan NotePub, untuk mengakomodasi konten multimedia dan teks yang panjangnya lebih dari 140 karakter. Sejak Juni 2011, Twitter telah menggunakan domain sendiri, yakni t.co, untuk menyingkat otomatis semua URL yang diposting di situsnya.[87][88]

Topik hangatSunting

 

Negara atau kota-kota yang telah memiliki daftar tren tersendiri.

Sebuah kata, frasa, atau topik yang lebih banyak dibicarakan daripada topik lainnya disebut dengan topik hangat/tren[89] (trending topics). Suatu topik bisa menjadi tren karena adanya upaya terpadu oleh pengguna, ataupun karena adanya suatu peristiwa yang mendorong orang untuk membicarakan satu topik tertentu.[90] Topik ini membantu Twitter dan penggunanya untuk memahami apa yang sedang terjadi di dunia.[91] Twitter sendiri telah mengubah algoritma topik hangat terdahulu untuk mencegah manipulasi tren.[92]

Muncul pula kontroversi seputar topik hangat di Twitter: Twitter telah menyensor tagar yang menyinggung pengguna atau kelompok tertentu. Twitter pernah menyensor tagar #Thatsafrican[93] dan #thingsdarkiessay[94]setelah pengguna mengeluh bahwa tagar ini bersifat ofensif.[butuh rujukan] Ada dugaan bahwa Twitter menghapus tagar #NaMOinHyd dari daftar tren dan menambahkan tagar yang disponsori Kongres Nasional India.[95]

Aplikasi dan selulerSunting

 

Twitter versi seluler,mobile.twitter.com.

Ada banyak layanan dan aplikasi klien Twitter yang bisa digunakan untuk menambahkan dan memantau konten, ataupun untuk mengirim dan membalas kicauan, di antaranya adalah Telly (layanan berbagi video, dulunya bernama Twitvid),[96] TweetDeck,Salesforce.com, HootSuite, dan Twitterfeed. Pada tahun 2009, hampir setengah kicauan diposting dengan menggunakan antarmuka pengguna web, dan sebagian besarnya menggunakan aplikasi pihak ketiga (berdasarkan riset terhadap 500 juta kicauan yang dilakukan oleh Sysomos).[97]

Twitter memiliki aplikasi seluler untuk iPhone,iPad, Android, Windows Phone, BlackBerry, dan Nokia s40.[98] Ada juga situs web bagiperangkat seluler, layanan Twitter SMS, danMMS.[99] Twitter membatasi penggunaan aplikasi pihak ketiga dengan menerapkan batas 100.000 pengguna.[100]

Pada 31 Agustus 2010, aplikasi Twitter pihak ketiga diwajibkan untuk menggunakan OAuth, metode otentikasi yang tidak mengharuskan pengguna untuk memasukkan kata sandi mereka ke dalam aplikasi. Sebelumnya, metode otentikasi OAuth bersifat opsional. Saat ini, metode ini diwajibkan dan metode otentikasi kata sandi/nama pengguna tidak lagi bersifat fungsional. Twitter menyatakan bahwa metode OAuth ini akan "meningkatkan keamanan dan pengalaman ber-Twitter yang lebih baik."[101]

Verifikasi akunSunting

Pada bulan Juni 2008, Twitter meluncurkan program verifikasi, yang memungkinkan paraselebriti dan figur publik untuk memverifikasi akun mereka.[102] Program ini awalnya ditujukan untuk membantu pengguna mengenali akun selebriti yang benar-benar dimiliki oleh selebriti tersebut, bukannya akun palsu. Sejak saat itu, program ini telah digunakan untuk memverifikasi akun para pengusaha dan figur publik yang mungkin tidak aktif berkicau, namun masih ingin mempertahankan kontrol atas akun yang menyandang nama mereka.

Sumber :Wikpedia

Comments

Popular posts from this blog

Ruang Alamat Logika Dan Ruang Alamat Fisik

PRINSIP PRINSIP DESAIN GRAFIS

Cara terhubung dengan internet melalui Telepon Kabel