Makam Raden Kian Santang

Makam Godog adalah sebuah makam bersejarah yang terletak di Desa Lebak Agung Kecamatan Kawangpawitan Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Makam ini merupakan salah satu tempat wisata ziarah bersejarah yang populer di Jawa Barat.
Selain terkenal dengan keindahan alam dan oleh-olehnya, kota kecil yang mendapat julukan kota intan ini menyimpan sejarah peninggalan kerajaan Padjadjaran. Konon, makam Godog adalah makam Raden Kiansantang yang merupakan putra Prabu Siliwangi yang memerintah kerajaan Padjadjaran.
Informasi mengenai makam Godog terdapat dalam beberapa naskah Sunda lama. Dalam naskah tersebut diceritakan bahwa Prabu Siliwangi memiliki tiga orang putra, yaitu Raden Walangsungsang, Dewi Rarasantang dan Raden Kiansantang yang terkenal sangat sakti mandraguna. Singkat cerita Raden Kiansantang memeluk agama Islam. kemudian beliau mengganti namanya menjadi Sunan Rahmat. Beliau berkeliling ke setiap daerah untuk menyebarkan ajaran Islam yang dianutnya.
makam godog
Makam Godog Garut
Karena jasanya menyebarkan agama Islam di pulau Jawa pada masa itu, akhirnya masyarakat pulau Jawa mensejajarkan Raden Kiansantang atau Sunan Rahmat dengan para wali. Di penghujung usianya, Beliau menetap di daerah Godog, kabupaten Garut, Jawa Barat hingga tutup usia dan makamnya dikenal dengan Makam Godog yang selalu didatangi perziarah, hingga akhirnya menjadi tempat wisata ziarah yang dikeramatkan.
Sedangkan Prabu Siliwangi, menurut cerita beliau melarikan diri saat dikejar oleh Raden Kiansantang ke leuweung Sancang daerah pantai Selatan Kabupaten Garut.

Setiap setahun sekali tepatnya setiap tanggal 12 Maulud penanggalan Hijriyah, di makam Godog suka diadakan upacara Ngalungsur atau panjang jimat, yaitu ritual untuk mensucikan pusaka peninggalan mala lalu seperti golok, keris dan pusaka peninggalan lainnya dengan air kembang tujuh rupa dan digosok dengan minyak wangi agar karatnya hilang.
Di dalam makam Godog, terdapat (7) tujuh makam di antaranya makam Sunan Rahmat, Sembah Dalem, Sembah Dalem Sarepeun Suci, Sembah Sarepeun Agung, Sembah Dalem Kholipah Agung dan Santuwaan Marjaya Suci. Makam-makam tersebut berada dalam ruang tertutup yang berbeda dengan makam utama.
Di luar, di ruang terbuka terdapat 2 (dua) makam yaitu makam Syekh Dora dan makam sembah Pager Jaya. Kedua makam tersebut merupakan makam sesepuh juru kunci tempat wisata ziarah makam Godog Garut.

Comments

Popular posts from this blog

Ruang Alamat Logika Dan Ruang Alamat Fisik

PRINSIP PRINSIP DESAIN GRAFIS

Cara terhubung dengan internet melalui Telepon Kabel