Kerajinan Garut

AKAR WANGI

Perjalanan saya ke Garut di warnai juga oleh pengetahuan yang bikin saya terperangah!
Saya ga ngerti sebelumnya tentang akar wangi, itu loh tanaman yang wanginya mirip dupa. Bisa kamu liat di rajutan yang biasa emak-emak suka beli. Macam tas, taplak meja, tuduk saji, dan lain-lain. Pokoknya akrab banget ama geng emak-emak deeh.. Silahkan di survei ke ibu anda atau istri anda yaa, atau cek diri sendiri juga boleeh..
Yak lanjut!
Yang buat saya KUAGET  BUANGET (lebay), adalah manfaat si tanaman yang hanya tumbuh di 3 negara (Brazil, Haiti dan Indonesia) ini.
Pertama, bonggol akarnya digunakan untuk mengikat wangi dari parfum. Merek apapun parfumnya, kalau mau tahan lama bau-nya harus, saya ulang yaa, HARUS pakai minyak akar wangi!
Kedua, akar wangi bisa difungsikan untuk menahan longsor di daerah lereng, karena kekuatan akar wangi sama dengan 1/6 kekuatan beton!
Ketiga, akar wangi bisa jadi bahan kerajinan khas dari Garut ataupun Indonesia. Karena wanginya yang tahan lama dan desainnya yang Indonesia banget, bule-bule pada suka tuh!
Keempat, akar wangi bisa jadi komoditas ekspor yang berpotensi bagi devisa Indonesia. Karena, hanya ada di tiga Negara yakni Brazil, Haiti dan Indonesia. Selain itu, tanah Indonesia yang banyak gunung berapinya sangat menguntungkan untuk menanam akar wangi. Karena debu dari letusan gunung berapi membuat tanah menjadi berjenis andosol, yang sangat baik untuk tanaman apapun, terutama akar wangi.

Belum cukup?
Akar wangi ternyata ada beragam spesies, yang bisa membuat kualitas akar wangi berbeda-beda. Nah, penelitian ini di gagas oleh Pak Frans, seorang pengusaha akar wangi di Garut. Sosoknya low profile! Padahal usahanya udah mendunia. Dari sinilah saya tahu bahwa akar wangi bisa jadi identitas bangsa kita yang berikutnya loohh.. Tentunya ga bisa di colong sama bangsa lain nih!
Tertarik untuk usaha Akar Wangi? Bisa langsung konsultansi ke Pak Frans loohh…

Comments

Popular posts from this blog

Ruang Alamat Logika Dan Ruang Alamat Fisik

PRINSIP PRINSIP DESAIN GRAFIS

Cara terhubung dengan internet melalui Telepon Kabel